Notification

×

Peringati HCTPS, Bupati Pemalang Gaungkan Gerakan Cuci Tangan Menuju Hidup Sehat

Rabu, 18 Oktober 2023 | 09.57.00 WIB

INIBACA.COM | PEMALANG — Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan leading sektornya PKK Kabupaten Pemalang dan  Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang adakan Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ( HCTPS)  Tahun 2023, yang ke -16, pada Senin (16/10/ 2023).

Giat ini dihelat di Pendopo Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang, yang terletak di kawasan Wisata Widuri, mulai acara pukul 08.30 Wib sampai 11.00 Wib.


Hadir Mansur Hidayat, Bupati Pemalang, Ketua PKK Kabupaten Pemalang Hj Santi Rosalia, Kepala Dinas Kesehatan Pemalang Dokter Yulies Noraya dibarengi staf-stafnya, Perwakilan Disdukcapil, para OPD terkait, 7 Camat / perwakilan dari 7 Kecamatan di Kabupaten Pemalang,  350 anak-anak SD beserta guru-gurunya dan tamu undangan lainnya.

Dasar pelaksanaan kegiatan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 99 Tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan  kesejahteraan keluarga dan Program kerja tim penggerak PKK Kabupaten Pemalang Tahun 2023 bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang.

Sebelum acara inti diadakan lomba pengumpulan sampah-sampah yang  berada di sekitar pendopo dan kantor Disparpora sampai ke tepi pantai laut wisata Widuri. Di sela-sela pra acara juga ada sosialisasi tentang KTP Digital yang diterang jelaskan oleh Disdukcapil Kabupaten Pemalang.

Sebelum sambutan dari Bupati Pemalang, anak-anak ekpresikan senam HCTPS oleh 30  siswa-siswi anak-anak SD.

Acara dibuka Bupati Pemalang dan Ia mengajak masyarakat Pemalang betapa pentingnya cuci tangan.

"Acara hari ini ulang tahun cuci tangan pakai sabun sedunia yang ke- 16, dengan tema tangan bersih berada dalam jangkauan lindungi kesehatanku," kata Mansur.

Ia menambahkan, "Kita tahu bahwa awal dari sebuah penyakit masuk lewat tangan, maka cuci tangan sangat penting. Kita tahu semua kemarin ketika pandemi covid-19 mengajari kita untuk selalu menjaga tangan kita agar selalu bersih,".

Meski dalam ilmu kedokteran tangan kita itu mengeluarkan zat yang bisa membunuh kuman, terang Bupati Mansur, tapi kalau kita selalu cuci tangan pakai sabun Insha Allah segala kuman-kuman yang akan masuk melalui mulut kita itu agar segera tercegah.

"Salah satu penyakit yang akan kita timbulkan dari masuknya makanan dalam perut, sehingga dengan kita gerakkan cuci tangan pakai sabun Inshas Allah, kita, masyarakat Pemalang pada sehat semua, khususnya anak-anak kita," imbuhnya.

Menurutnya, kiranya itu penting sekali ini untuk kita gaungkan, kita sebar luaskan agar anak-anak kita rajin cuci tangan.

Hal senada juga disampaikan Dokter Yulies Noraya. Ia pun mengajak hadirin menggaungkan gerakan cuci tangan, kemudian Ia membacakan filsafat cuci tangan.

"Pertama pada tanggal 15 Oktober merupakan hari cuci tangan sedunia Tahun 2023 merupakan ulang tahun yang ke-16,

A) Tangan merupakan penghantar utama yang bisa mengandung virus bakteri dan kuman

B) Tangan manusia yang kotor karena menyentuh fases mengandung kurang lebih sepuluh juta virus dan satu juta bakteri yang tidak dapat terlihat secara  kasat mata,sehingga sering diabaikan.

Giat ini kemudian dilanjutkan dengan Simulasi  cuci tangan pakai sabun dengan waktu 30 detik,  diperagakan Bupati Pemalang, Kepala Dinas Kesehatan, Ketua PKK Kabupaten Pemalang dan diikuti lainnya.

Acara diakhiri dengan pembagian hadiah oleh Bupati Pemalang kepada pemungut sampah paling berat timbangannya, klasifikasinya juara 1, 2 dan 3. (Suhari Putra Senja)