Notification

×

Darurat Sampah di Pemalang Makin Kritis, TPA Di Desa Surajaya Diprediksi Satu Minggu Ini Penuh

Minggu, 22 Oktober 2023 | 23.40.00 WIB

INIBACA.COM | JAKARTA — Komisaris PT BPR BKK Pemalang, Bagus Sutopo bersama tim mensosialisasikan darurat Sampah tingkat kabupaten Pemalang, kemarin. 

"Kita mengagendakan sosialisasi terkait darurat Sampah di Kabupaten Pemalang ke 14 kecamatan, jadi Jum'at ini kami jadwalkan di Kecamatan Ulujami dan Kecamatan Comal, terakhir pada Selasa nanti ada di Kecamatan Bodeh, juga Kecamatan Ampelgading," katanya, hari ini.

Ia bersama tim akan menyampaikan informasi adanya kondisi darurat Sampah, karena terjadi efek terbakarnya tempat pembuangan sampah  kemarin, jadi tidak ada tempat pembuangan sampah lagi, memang masih ada tempat pembuangan Sampah sementara di Desa Surajaya, tetapi dalam satu Minggu ini penuh.


Hal itu disampaikan oleh Bagus Sutopo usai Sosialisasi Sampah di Pendopo Kecamatan Ulujami, Jum'at 20 Oktober 2023.

Menurut Bagus Sutopo, kita harus mencari solusinya untuk mengatasi menumbuknya Sampah di Kabupaten Pemalang, bukan pembuangan Sampah alternatif terakhir, tapi ada solusi lain yakni bagaimana cara pengelolaan sampahnya seperti pemilahannya, pemanfaatannya paling akhir bagaimana cara pemusnahannya.

"Keberhasilan program ini perlu adanya dukungan dari masyarakat baik pemerintah daerah, pemerintah desa, juga peran serta dinas-dinas terkait," ujarnya.

lanjutnya,  kami tim tingkat kabupaten sudah upayakan cara untuk mengatasi sampah saat ini dalam proses, kami bekerjasama dengan desa, saya minta di salah satu desa menggunakan milik Tanah Perhutani di Desa Purana, tetapi menunggu keputusan KPH, juga di Desa Karanganyar, tetapi belum final.

"Langkah paling utama Sampah-sampah berada  di desa harus bisa menyelesaikan sendiri, bagaimana cara pengolahan sampah yang paling efektif. Kami tim kabupaten memberikan dorongan dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti sa'at ini," imbuhnya. (Rudi).