Notification

×

Sudirman Said: Cawapres Koalisi Perubahan Sudah Di Kantong Anies

Minggu, 23 Juli 2023 | 10.58.00 WIB

INIBACA.COM  | JAKARTA — Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said, mengatakan Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sudah memberi rekomendasi terkait nama Cawapres yang bakal mendampingi Anies Baswedan.

"Sekarang sudah mengerucut satu nama, dan sudah di kantong pak Anies," katanya, disitat dari Kompas TV Jatim, pada Minggu (23/7).

Menjawab pertanyaan mengapa belum diumumkan, menurut Sudirman Said, karena hal ini pun bagian dari strategi saja. Meski demikian tidak harus diumumkan pada last minute.

Ia menambahkan bahwa figur Wacapres Anies harus memenuhi 5 kriteria. Pertama, harus figur yang mampu menambah elektorat. Tandanya ada dua, yang satu survey, kemudian tidak mempunyai masalah hukum.

"Yang kedua figur itu harus bisa menjaga keseimbangan koalisi. Diharapkan dari partai Politik," katanya.

Yang ketiga, lanjutnya, harus bisa menjadi support dalam menjalankan pemerintahan. 

"Yang keempat mempunyai semangat perubahan yang kuat, dan yang kelima figur itu bisa menyatu dalam suatu chemistry, dwi tunggal di koalisi perubahan," jelasnya.

Kelima kreteria itu diolah selama ini, tapi diujung proses Pak Anies menyebut ada tambahan satu kreteria nol, yaitu keberanian. Kenapa keberanian itu penting, karena kita berada di lingkungan politik yang tidak bersahabat dengan kompetisi, seperti ada kecenderungan tidak netral, sehingga memerlukan figur yang benar-benar mempunyai komitmen untuk berkompetisi, termasuk berani menempuh resiko-resiko.

Sementara dikabarkan, kemarin Tim 8 bertemu dengan Anies Baswedan. Pertemuan itu untuk membahas perkembangan politik masing-masing partai hingga pemenangan Anies Baswedan untuk Pilpres ke depan.

"Kemarin ada pertemuan rutin antara Tim 8. Kebetulan Pak Capres Anies Baswedan baru kembali dari ibadah Haji dan belum sempat bertemu, jadi beliau juga bergabung. Materi pertemuan membahas update perkembangan politik dari masing-masing Parpol koalisi," kata Sudirman.

Sudirman menyebut Tim 8 juga membahas kesiapan administrasi pendaftaran KPU. Mereka juga berbicara terkait strategi pengorganisasian pemenangan Anies. (red)