Notification

×

Songsong Era Digitalisasi, Sesilia Anwar Caleg DPR RI Dapil Jabar 3 Siapkan Pasar Digital, Pemasaran Komoditas Petani dan Produk UMKM

Kamis, 08 Februari 2024 | 12.11.00 WIB
Keterangan gambar: Caleg DPR RI Dapil Jabar 3 photo bersama dengan timses

INI BACA | CIANJUR - Caleg DPR RI dari Partai Demokrat (Sesilia Anwar) yakin Jawa Barat Tetap menjadi primadona bagi Investor, mengingat sumber daya Alam, Infrastruktur serta SDM cukup memadai sebagai daya dukung industri dan UMKM. 

Hal tersebut di sampaikan Nya sa'at melaksanakan kegiatan anjang sana dengan masyarakat Kecamatan Simdangbarang dan Kecamatan Sukanagara.

Konektivitas transportasi Darat, udara dan laut mengalami kemajuan Pesat 10 tahun terakhir. Ujar Sesilia Anwar Caleg DPR RI Dapil 3 Jabar, Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor pada Acara "Perubahan Lebih Baik untuk Cianjur Bersama Sesilia Anwar" 

Dalam sesi tanya jawab dengan ratusan warga Kp. Ciawitali Desa Gunungsari Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur, Sesilia Anwar menyadari masih banyak hal yang harus dibenahi, diantaranya dari sektor pertanian. Rabu, (7/2/2024).

"Ketersediaan sarana prasana industri pertanian, baik itu ketersediaan pupuk, bibit tanaman, akses informasi tekhnologi pertanian, sektor UMKM dan optimalisasi fungsi pasar, sulitnya mengakses perbankan untuk petani kecil serta perluasan akses pemasaran," ujar Sesilia Anwar.

Ia juga menuturkan, Cianjur dan Kota Bogor memiliki keunggulan Sumber daya alam, hamparan pegunungan yang indah, Sumber daya perikanan, lahan Perkebunan/Pertanian, tanah yang subur merupakan faktor pendorong terciptanya lapangan pekerjaan. 

"Dengan perubahan dari berbagai sektor dan didukung penyiapan sumber daya manusia yang memadai, In Saa Allah berpotensi mengatasi permasalahan pengangguran," Sambung Sesilia Anwar, Rabu, (7/2/2024).

Dihadapan ratusan relawan Desa Gunungsari Sesilia Anwar menegaskan:

"Kami akan memegang teguh komitmen mendorong terciptanya lapangan pekerjaan sebagai upaya mengatasi pengangguran serta memotong mata rantai kemiskinan," jelasnya.
Keterangan gambar: Sesilia Anwar ketika sedang memaparkan visi misi didepan masyarakat cianjur

"Dengan mendorong pemberdayaan UMKM kami juga berupaya menciptakan wirausaha muda di cianjur," tambah Sesilia Anwar.

Kegiatan Anjang sana Sesilia Anwar dengan tema "Perubahan Lebih Baik Bersama Sesilia Anwar" dihadiri ratusan simpatisan dan relawan yang membanjiri lokasi kegiatan.

Dalam kesempatan itu Sesilia Anwar juga mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilu serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

"Pemilu sebagai momentum penting bagi rakyat turut serta memperbaiki ekonomi keluarga dengan memilih Wakil Rakyat dan Pemimpin Nasional serta menentukan nasib bangsa dan daerah dengan berpartisipasi menggunakan hak suaranya di (TPS)Tempat Pemungutan Suara," serunya.

Lanjut Sesilia Anwar; "Pemilu merupakan hak konstitusional kita sebagai warga negara. Kita mesti menggunakan hak pilih dengan bijak dan cerdas, agar bisa memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas, jujur, dan amanah,” urai Sesilia Anwar.

Mendorong Kemajuan UMKM

Sesilia Anwar menuturkan, peduli akan perkembangan UMKM di Cianjur. Menurut dia, merupakan pilar penting dalam pembangunan ekonomi di Cianjur, mereka harus terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian, dan menyerap tenaga kerja lebih menyeluruh ditiap daerah.

Kemudian secara rinci Sesilia Anwar menguraikan; "Sebagai informasi secara nasional sektor ekonomi kerakyatan UMKM memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto PDB secara berkala, dan perkembangan nya akan jauh melesat," rincinya

Selanjutnya Sesilia Anwar menegaskan; "Fokus kita kedepan mendorong kemajuan UMKM, kemudahan akses permodalan, memperbaharui akses pasar secara digital, menumbuhkan kembali industri pertanian hingga tercipta lapangan pekerjaan yang memadai," ucapnya.

"Mendorong pelaku UMKM upgrading produk dan merangsang komfetitif pasar yang sehat," sambungnya.

Terakhir Sesilia Anwar merasa optimis. Dengan upaya yang maksimal, kami optimis UMKM dan Sektor pertanian Cianjur akan melesat bangkit hingga go internasional.

(Red)