Notification

×

Ganjar-Erick Dapat Sinyal Dari Jokowi, Begini Kata Pengamat

Senin, 26 Juni 2023 | 11.54.00 WIB

INIBACA.COM | JAKARTA — Presiden Joko Widodo memberikan sinyal kepada masyarakat tentang siapa saja yang cocok menjadi calon wakil presiden (cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu sosok yang sering dikaitkan dengan kode orang nomor satu di Indonesia tersebut adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Tentunya hal ini membuat Erick Thohir cocok untuk disandingkan dengan calon presiden (capres) yang datang dari koalisi pemerintahan, seperti Ganjar Pranowo.

“Erick Thohir sejauh ini menjadi tokoh paling potensial sebagai cawapres, bahkan bagi koalisi pro pemerintah seperti Ganjar,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah.

Terlebih lagi, hasil survei yang menunjukkan nama Erick Thohir mendapatkan posisi teratas elektabilitas sebagai cawapres. Salah satunya survei terbaru dari IPO yang digelar 5-13 Juni 2023, elektabilitas ketum PSSI itu unggul di angka 15,5 persen mengalahkan tokoh potensial lain, seperti Mahfud MD 11,1 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 10,9 persen, Ridwan Kamil 6,7 persen, dan Sandiaga Uno 6,5 persen.

Demikian pula dalam simulasi berpasangan. IPO menemukan 26,8 persen masyarakat mendukung Erick Thohir untuk menjadi wakil dari Ganjar Pranowo.

Angka dukungan ini jadi yang tertinggi dibandingkan dengan capres lain seperti Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Maka dari itu, dengan endorsmen Jokowi dan dukungan masyarakat, Dedi mengatakan Erick Thohir cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo.

“Ganjar Pranowo sangat baik jika disandingkan dengan Erick Thohir. Erick Thohir tetap konsisten berada di atas jika disandingkan dengan Ganjar Pranowo,” pungkas Dedi. (wa/r)