Notification

×

3 Strategi Utama BRI Pemalang Dalam Meningkatkan Financial Literasi Index

Jumat, 11 November 2022 | 19.03.00 WIB

INIBACA.COM | PEMALANG — Doni Akbar, SE. MM (anggota DPR RI komisi VI, Fraksi partai golkar dapil jateng X), dan Edi Santosa (Kepala BRI Cabang Pemalang) hadiri  sosialisasi Peran Terdepan BRI Dalam Mendorong inklusi Keuangan, pada kamis (13/10/ 2022  di ballroom hotel Regina.

Edi Santoso Kepala BRI cabang Pemalang menyampaikan, bahwa BRI memiliki visi menjadi "The Mast valuable Banking Group in Southeast Asia" & "Champion of Financial Inclusion" pada 2025.

Salah satu visi untuk menjadi Champion of Financial Inclusion, BRI menyatakan bahwa hal tersebut dapat mendorong pemerataan kemolemuran bagi bangsa Indonesia.

Visi BRI tersebut memang sejalan dengan visi pemerintah yang mencanangkan tingkat inklusi keuangan mencapai 90% pada 2024. Merujuk dalam survei tiga tahunan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), inklusi keuangan pada tahun 2019 baru mencapai 76,19% atau meningkat dari 67.8% pada 2016.

Untuk mewujudkan peningkatan inklusi keuangan tersebut, juga harus dikuti peningkatan literasi keuangan. Di mana menurut data OJK literasi keuangan baru mencapai 38,03% pada 2019, meningkat dari 29,7% pada 2016

BRI setidaknya memiliki 3 strategi utama dalam upayanya meningkatkan financial literasi index.

Pertama, mengembangkan Agen BRILink menjadi 600 ribu hingga akhir 2022 di seluruh Indonesia.

Kedua, BRI pun akan mengembangkan digital adsor stau penyuluh digital. Dengan tugas mengajari masyarakat untuk bukka rekening dan bertransaksi secara digital, serta mengajarkan masyarakat melakukan pengamanan agar terhindar dari kejahatan digital

Ketiga, BRI berupaya secara konsisten mengembangkan ekosistem bisnis secara digital. Sehingga transaksi keuangan hanan nasabah terus-menerus dilakukan secara digital untuk menjamin keberlanjutan dan proses keuangan digital di masa depan. Agen BRILink

Dengan harapan masyarakat dapat menikmati layanan/jasa transaksi keuangan layaknya layanan bank di ager-agen/mitra Agen BRILink secaralebih dekat kerena Jumlah Agen BRILink telah mencapai 584 nisu pada akhir Agustus 2022 dengan jangkauan mencapai 57.618 desa atau mencakup 3/4 desa diseluruh Indonesia sudah terdapat Agen BRIL ink Sepanjang Januari-Agustus 2022, Agen BRILink tersebut memproses lebih dan 709 juta transaksi dengan total volume transaksi mencapai Rp. 855,5 triliun.

"Selain memberikan akses layanan keuangan kepada masyarakat. Agen BRILink juga memberikan lapangan pekerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat Sharing economy/fee pada periode Januari-Agustus 2022 yang diterima oleh Agen BRILirik berkisar antara Rp 1,8 triun-Rp.2,7 triliun, HOLDING ULTRA MIKRO," ungkap Edi Santoso. (Himawan)