Notification

×

Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Peduli Pendidikan Generasi Emas Papua

Rabu, 03 Januari 2024 | 23.27.00 WIB
Keterangan gambar: Satgas TNI disambut gembira anak- anak Papua

INI BACA | PAPUA - TNI/Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi yang bertugas di wilayah Papua selain mengajarkan (Calistung) Baca Tulis Berhitung juga mengajarkan tentang Kebangsaan kepada anak- anak Papua, sebagai generasi emas penerus Papua.

Hal itu dilaksanakan Yonif Raider 300/Brajawijaya Cianjur ditempat penugasan sebagai Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi dengan mendatangi langsung ke honai mereka di Kampung Wuloni Distrik Ilaga Kabupaten Puncak Provinsi Papua.

Honai merupakan rumah adat khas Papua yang berbentuk bulat dengan atap kerucut dari jerami. Selain memberikan edukasi, Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya membagikan buku bergambar untuk menambah wawasan anak-anak.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letnan Kolonel Infanteri Afri Swandi Ritonga, S.I.P dalam rilis tertulisnya di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Rabu, (3/1/2024). 

"Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan Satgas TNI dengan masyarakat Papua, khususnya anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa," ujar Dansatgas.

"Dalam edukasi belajar langsung ke honai, Satgas TNI mengajarkan berbagai hal kepada anak-anak, seperti membaca, menulis, berhitung, mengenal bendera merah putih, dan menyanyikan lagu Indonesia Raya," sambung Dansatgas.

"Selain itu, Satgas TNI 300 Siliwangi juga memberikan motivasi dan semangat kepada anak-anak untuk rajin belajar dan bercita-cita tinggi," tambah Dansatgas.

Kembali' Dansatgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi, Letkol. Inf. Afri Swandi Ritonga, S.I.P, mengatakan.

"Edukasi belajar langsung di honai merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri dengan masyarakat Papua, terutama anak-anak," kata Dansatgas.

Lanjutnya; "Kami ingin berbagi ilmu dan pengalaman dengan anak-anak di sini, agar mereka bisa mengembangkan potensi dan bakat mereka," imbuhnya.
Keterangan gambar: kedekatan dan keakraban Satgas TNI dengan Anak- anak Papua

"Selain itu kami juga ingin menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme di hati mereka," harap Dansatgas.

Ia juga menjelaskan' Selain edukasi belajar langsung ke honai, Satgas TNI 300 Siliwangi juga membagikan buku bergambar kepada anak-anak. Buku bergambar ini berisi tentang berbagai hal, seperti hewan, tumbuhan, angka, huruf, warna, dan bentuk lain nya. 

Sambung Dansatgas; Buku bergambar ini diharapkan dapat menstimulasi daya imajinasi dan kreativitas anak-anak, serta meningkatkan minat baca mereka. 

"Kami berharap buku bergambar ini bisa bermanfaat bagi anak-anak, dan bisa menjadi media pembelajaran yang menyenangkan bagi mereka," tutur Dansatgas.

Kegiatan edukasi belajar langsung ke honai dan pembagian buku bergambar ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Papua, khususnya anak-anak. Mereka tampak antusias dan senang mengikuti kegiatan ini. 

Sementara itu' salah satu anak yang mengikuti kegiatan, Yulius, mengucapkan terima kasih kepada Satgas TNI 300 Siliwangi. 

"Terima kasih bapak-bapak TNI yang sudah mengajar kami dan memberi kami buku bergambar. Kami senang sekali bisa belajar bersama bapak-bapak TNI," ujar Yulius nampak antusias.

Kegiatan edukasi belajar langsung ke honai dan pembagian buku bergambar ini merupakan salah satu bentuk kegiatan kemanusiaan yang dilakukan TNI/Satgas Pamtas Mobile Raider 300/Brajawijaya Kodam III/Siliwangi di wilayah Papua. 

Kegiatan ini sejalan dengan imbauan Pangdam III Siliwangi, Mayjen. TNI. Erwin Djatniko, yaitu agar prajurit Siliwangi dimanapun bertugas harus berguna bagi kehidupan sekelilingnya dan membawa misi kemanusiaan sesama bangsa Indonesia untuk menciptakan dan menjamin kerukunan serta toleransi beragama.

(HN)