Notification

×

Mansur Hidayat Berharap DPC API Pemalang Menjadi Perekat Kerukunan Masyarakat

Sabtu, 29 Juli 2023 | 20.43.00 WIB

INIBACA.COM | PEMALANG — Plt. Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat berharap API (Asosiasi Pendeta Indonesia) dapat menjadi organisasi keagamaan yang solid dan membawa visi kebaikan demi kesejahteraan dan kerukunan masyarakat juga sebagai sarana mempererat persatuan dan kesatuan umat untuk mendorong terciptanya toleransi beragama. 

Harapan tersebut disampaikan Mansur saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan 24 anggota DPC API Kabupaten Pemalang di Pendopo Kabupaten, belum lama ini.


Selain Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, terpantau hadir Pdt F .Joko Purnomo Ketua DPD API  Propinsi Jawa Tengah, Pdt.Filmar Manoy,S.Th Ketua DPC API Kabupaten Pemalang, Kemenag Umat Kristen Jawa Tengah, perwakilan para Tokoh Agama Pemalang, para Pendeta dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, ST menyematkan atribut kepada Ketua DPC API (Asosiasi Pendeta Indonesia) Kabupaten Pemalang yang baru saja dilantik, dan dikukuhkan.

Terkait giat ini, Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, sangat mengapresiasi organisasi API yang didalamnya memuat visi misi menuangkan kondisifitas, kemaslahatan Indonesia, termasuk untuk Kabupaten Pemalang.

Sementara Pdt Fimar Manoy,S.Th, Ketua DPC API Kabupaten Pemalang didepan para awak media menyampaikan, API ini tidak melulu kegiatan rohani saja, melainkan juga ada advokasi, ada pemberdayaan ekonomi umat, lalu kemudian acara sosial. 

"Tidak hanya sekedar keagamaan, karena tentang keagamaan sudah diambil oleh organisasi kristen yang lain," katanya.

Menurutnya, Api adalah organisasi profesi, jadi ia hanya  merangkum pendeta-pendeta dan keluarga, tanpa memandang atau membeda-bedakan organisasi, aliran - aliran. Semua pendeta tergabung dalam API ini. Dan API adalah organisasi yang sudah menasional.

Dari tingkat Pusat yang berpusat di Jakarta, ada DPDnya juga di Propinsi Jawa Tengah  Semarang, dan  DPD berinisiatif untuk melantik setiap di kabupaten memiliki DPC, DPC. Ini sudah kabupaten ke tiga puluh sekian, untuk dpc di Kabupaten Pemalang berdiri, yang baru saja ini dilantik.

Setiap komponen ormas keagamaan itu tergabung dalam Forum Komunikasi Umat Beragama( FKUB), nah setiap agama ada wakil disana, lalu kemudian kami meminta  supaya  API ini kita punya satu kuota untuk bisa gabung bersama, untuk memajukan forum komunikasi beragama.

"Semoga kami bisa bekerja sama, bahu membahu bersinergi bersama-sama dengan  Pemerintah Daerah, sehingga bisa terwujud apa yang kita sasari, kita rencanakan," harapnya.

"Saya yakin DPC API Kabupaten Pemalang akan bisa bekerja sama dengan Plt Bupati Pemalang," tungkas Pdt .F .Joko Purnomo .

Reporter: Suhari Putra Senja