Notification

×

Akibat Zonasi, Dua SD Di Karangasem Sama Sekali Tidak Mendapat Siswa Baru

Kamis, 20 Juli 2023 | 14.18.00 WIB

INIBACA.COM  | KARANGASEM — Dua Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Karangasem sama sekali tidak mendapatkan siswa baru. Dua Sekolah ini ialah SDN 10 Karangasem yang terletak di Jalan Lettu Dugdugan, Belong, Karangasem dan SDN 6 Karangasem beralamat di Jalan Ngurah Rai, Lingkungan Susuan, Karangasem, Bali.

Kepala Sekolah SDN 10 Karangasem, Desak Putu Aryati dikonfirmasi pada Selasa (18/7/2023) menerangkan jika hal tersebut dikarenakan letak sekolah yang berdempetan satu sama lain. Yakni diapit oleh SDN 6 Karangasem dan SDN 7 Karangasem yang terletak di Lingkungan Batannyuh.

"Karena terlalu mepetnya sekolah, dan sekolah kami hanya ada satu Banjar saja yang mendukung yakni Banjar Belong saja. Dan tahun ini tidak ada anak usia sekolah di lingkungan itu. Ini kan sudah masuk sesuai dengan jalur zonasi," katanya.

Ditahun sebelumnya, sekolah ini hanya mendapat 6 orang siswa baru yang sekarang seluruhnya sudah naik ke kelas dua. Sementara untuk jumlah siswa Kelas 3 terdapat 6 orang, kelas 4 ada 12 orang, kelas 5 ada 11 orang dan kela 6 ada 9 orang.

Begitupun guru yang mengajar di sekolah ini, hanya ada 5 orang guru saja, terdiri dari guru Kelas 2 orang, guru agama Hindu 2 orang, guru Olahraga 1 orang.

Atas kondisi tersebut pihaknya berharap agar dinas terkait membantu untuk mencarikan solusi. "Mudah-mudahan bisa dibantu, entah dengan mendroping siswa agar merata, kasihan sekolah kami punya halaman yang luas tapi muridnya sedikit. Apalagi kami tidak jarang mendapat prestasi," katanya sambil menunjukkan beberapa perolehan piala yang didapat. (ami/bkn)