Notification

×

Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 FIFA 2023

Sabtu, 24 Juni 2023 | 03.10.00 WIB

INIBACA.COM | JAKARTA — FIFA akhirnya menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Penunjukkan itu diumumkan usai rapat Dewan FIFA yang digelar melalui konferensi video, Jumat (23/6/2023).

"Dewan juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 FIFA 2023," tulis FIFA seperti dikutip dari situs resminya.

Indonesia menggantikan Peru yang statusnya sebagai tuan rumah dicabut pada 3 Aprll 2023. Ketika itu, FIFA menilai Peru belum siap dari sisi infrastruktur untuk menggelar turnamen dua tahunan itu.

Sebelumnya, Indonesia juga harus merelakan diri batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 FIFA pada 29 Maret 2023. Ini tak lepas dari keputusan FIFA yang mempertimbangkan berbagai penolakan di tanah air beberapa waktu lalu.

Sebagai gantinya, FIFA lantas menunjuk Argentina sebagai tuan rumah. Dalam partai puncak 12 Juni lalu, Uruguay keluar sebagai juara usai mengalahkan Italia satu gol tanpa balas.

Namun demikian, belum diketahui secara pasti waktu penyelenggaraan turnamen itu. Sejauh ini, FIFA masih mengagendakan Piala Dunia U-17 FIFA 2023 akan digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

"Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan Alhamdulillah karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir dikutip dari situs resmi PSSI.

"Saya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi. Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana kita menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik," lanjutnya.

Dalam situs resmi FIFA tidak dijelaskan secara detil alasan penunjukan Indonesia menjadi tuan rumah turnamen bagi sepak bola usia muda ini. (FIFA/R)