Notification

×

Erdogan Terpilih Kembali, Jokowi Mengucapkan Selamat

Senin, 29 Mei 2023 | 14.06.00 WIB
 

INIBACA.COM | JAKARTA — Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas terpilihnya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Lewat akun resmi Twitter miliknya, Presiden meyakinkan bahwa hubungan strategis Indonesia dan Turki akan dilanjutkan. 

"Ucapan selamat yang tulus untuk Saudaraku Presiden Erdogan @RTErdogan seusai terpilih kembali dalam pemilihan umum. Kami siap melanjutkan dan memperkuat kemitraan strategis Indonesia Turki untuk kepentingan rakyat kita," ujar Jokowi sambil mengunggah foto bersama dengan Erdogan, Senin (29/5/2023). 

Ketua Lembaga resmi penyelenggara pemilihan umum di Turki atau Ketua Dewan Pemilihan Tertinggi (YSK) Negara Ahmet Yener pada Ahad (28/5/2023) telah memastikan calon kandidat presiden dari petahana Recep Tayyip Erdogan akan terpilih kembali sebagai presiden Turki. 

Hal itu disampaikan Ahmet Yener melihat hasil sementara pemilu presiden putaran kedua yang diselenggarakan Ahad itu juga.

Yener mengatakan, itu kepada para wartawan di ibu kota Ankara, seusai penutupan tempat pemungutan suara dan perhitungan sementara hasil suara dilakukan bahwa Erdogan memenangkan kursi kepresidenan Turki dari penantang oposisi Kemal Kilicdaroglu dalam pemilihan putaran kedua.

Menurut hasil tidak resmi, petahana Turki memenangkan pemilihan dengan 52,14 persen, sementara Kilicdaroglu mendapatkan 47,86 persen suara. 

Yener menambahkan bahwa setidaknya 99,43 persen kotak suara telah dibuka dan dihitung sejauh ini.

Dalam sebuah pidato di Istanbul pada Ahad malam, Presiden Erdogan mengatakan bahwa 85 juta warga negara Turki adalah pemenang dalam pemilihan nasional yang berakhir hari ini.

Sejumlah kepala negara telah mengucapkan selamat kepada Erdogan, termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden AS Joe Biden. Sekjen PBB Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.