Notification

×

Aksi Sigap Personel Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Evakuasi Warga Perbatasan RI-Malaysia

Selasa, 28 Maret 2023 | 15.29.00 WIB

INIBACA.COM | KAPUAS HULU — Personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani membantu mengevakuasi seorang warga yang sakit dan tidak bisa berjalan di Dusun Tangit 1,Desa Tangit, Kecamatan Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. dalam rilis tertulisnya di Makotis Badau, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu pada Selasa (28/03/2023).

Dansatgas mengatakan aksi sigap yang dilakukan oleh personel satgas bermula dari adanya informasi dari warga atas nama Nando (24) yang memberitahukan kondisi dari tantenya kepada Danpos Seriang Serda Asrudin untuk memeriksa Ibu Regina (60) yang tiba-tiba sakit dan mengalami sesak nafas.

“Dengan sigap personel Pos Seriang langsung menuju ke rumah pasien dan melakukan pemeriksaan terhadap Ibu Regina oleh anggota kesehatan pos, Setelah selesai diperiksa dan dinyatakan bahwa Ibu Regina harus segera dievakuasi ke Puskesmas Badau.” Terang Dansatgas.

Karena terkendala dengan transportasi, Danpos Seriang segera melaporkan situasi tersebut ke Dokter Satgas Letda Ckm Ekal untuk membawakan mobil ambulance milik Kotis Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani untuk merujuk Ibu Regina ke Puskesmas Badau karna melihat kondisinya yang sudah lemas.

Tidak menunggu lama, Dokter Satgas beserta 2 anggota kesehatan Pos Kotis datang ke rumah Ibu Regina menggunakan ambulance untuk merujuk ke Puskesmas Badau beserta anggota Pos Seriang untuk mendampingi warga desa binaannya tersebut.

“Setelah tim evakuasi dari Dokter Satgas beserta ambulance tiba dirumah pasien, proses evakuasi langsung dilakukan dengan cepat mengingat kondisi ibu Regina yang sangat lemas dan butuh tindakan medis lebih lanjut.” Tambah Dansatgas.

Sementara itu, Nando (24) perwakilan dari pihak keluarga Ibu Regina menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Personel Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani yang bersedia membantu mengevakuasi tantenya ke Puskesmas terdekat.

“Terima kasih atas kesigapan bapak-bapak TNI Satgas Yonarmed 19/105 Trk Bogani dalam membantu mengevakuasi tante saya ke Puskesmas Badau. Saya dan keluarga berharap semoga tante saya dapat segera diberikan kesehatan.” Ucapnya.