Notification

×

 Diduga Jual Traktor Milik Kelompok Tani, Oknum Kades Bandingan Sigaluh Bajarnegara Dilaporkan Ke Polisi

Jumat, 06 Januari 2023 | 10.41.00 WIB

INIBACA.COM | BANJARNEGARA — Penjualan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa 2 unit Traktor sawah yang berukuran 7PK yang dilakukan oleh seorang Oknum Kepala Desa (Kades) Bandingan Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah nampaknya berbuntut panjang.

Pasalnya, Salah seorang perwakilan Anggota dari Kelompok Tani (Poktan) "Sri Santoso (nama Poktan) Desa Bandingan tidak main-main mensikapi.

Perwakilan Anggota dari Kelompok Tani (Poktan) "Sri Santoso (nama Poktan) Desa melaporkan aduan terkait hal tersebut ke Polsek Sigaluh, pada Kamis (05/01/2023).

Menurutnya, keteledoran yang dilakukan oleh Kades itu nampaknya harus dipertanggungjawabkan.

2 unit Traktor Sawah yang diberikan pada 2 Poktan "Sri Santoso dan Ngudi Makarti yang beranggotaan sekitar 9 orang perpoktan itu masing-masing Poktan mendapatkan 1 unit Traktor Sawah dengan tipe yang sama, mereka mendapatkan alat tersebut dari bantuan Pertanian sekitar 5 tahun yang lalu dan biasa ia gunakan untuk menggarap sawah.

Namun sayangnya kedua alat itu kini telah dijual oleh oknun kades sekitar 4 Bulan yang lalu dan diduga hasil penjualan 2 alat itu tidak mencukupi untuk membeli 2 unit Traktor Sawah, alhasil Kades hanya dapat menggantinya dengan 1 unit Traktor sawah Baru yang berukuran lebih kecil seharga Rp.13.500.000. Hasil penjualan alat yang dilakukan oleh Kades itupun tidak diketahui oleh Poktan.

Padahal, Alsintan Traktor Sawah yang diberikan oleh Pertanian itu tidak diperbolehkan dijual,atau dipindah tangankan ataupun ditukar,

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (Dintankankp) Kabupaten Banjarnegara "Herrina Indri Hastuti, S.Pt., M.Si., saat ditemui awak media di Kantornya, Jumat (29/12/2022).

Mujiman selaku perwakilan Anggota Poktan Sri Santoso Saat dimintai keterangan oleh awak media di Polsek Sigaluh menjelaskan, "kami mewakili Poktan melakukan pengaduan terkait penjualan 2 unit Traktor sawah yang dilakukan oleh Kades Bandingan, 2 alat yang sudah dijual oleh oknum Kades itu memang sudah digantikan namun hanya 1 unit Traktor sawah dengan tipe Traktor lebih kecil, saya berharap 2 unit Traktor Sawah agar dapat dikembalikan  kepada kami sesuai persis traktor yang dari perranian apapun itu prosesnya.

Sementara pihak Polsek Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara telah menerima dan menanggapi aduan dari perwakilan anggota Poktan Sri Santoso, dan segera ditindaklanjuti. ( Agus P )