Notification

×

5000 Pendekar Pencak Silat Pemalang Meriahkan HUT Ke-38 PSHT

Senin, 09 Januari 2023 | 08.56.00 WIB

INIBACA.COM | PEMALANG — Pada HUT Persaudaraan SH Terate Ke 38 Cabang Pemalang, menggelar event dengan tema merajut kebersamaan antar perguruan pencak silat, menuju Pemalang sejahtera.

Gelaran itu dihelat pada Minggu (8/1) di Lapangan Sepak Bola Desa Kedung Banjar, Kecamatan Taman, dengan dihadiri 5000 para pendekar dari bebagai perguruan yang bernaung di PSHT cabang Pemalang.
 

Terpantau juga Slamet Effendy, Ketua PSH Terate Pemalang, Mansur Hidayat, St Plt Bupati Pemalang dan jajaran OPD Pemalang, Anggota DPRD Pemalang,  Forkompincam Taman, Kepala Desa Kedung Banjar ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Pertemuan yang mengundang semua pendekar -pendekar dari PSHT bertujuan untuk menjaga solidaritas dan mempererat tali hubungan persaudaraan antar perguruan pencak silat yang bernaung di PSHT cabang Pemalang.

"Perlu saya sampaikan kepada Plt Bupati Pemalang, PSHT cabang Pemalang berdiri sejak tahun 1985 sampai tahun 2023, sudah 38 tahun PSHT cabang Pemalang baru pertama kali ini kami rayakan," jelas H. Slamet Effendy SE, M.M. Ketua PSHT cabang Pemalang.

Ia menambahkan, tema kami merajut kebersamaan antar perguruan Pencak silat  menuju Pemalang sejahtera kedepan  kami bertekad mempersatukan  perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Pemalang.

"Kenapa Harlah PSHT cabang Pemalang pada tahun ini kami rayakan, karena Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat merespon baik adanya kegiatan ini," imbuhnya.

Slamet menyebutkan, perlu adanya  markas atau padepokan karena perkembangan pencak silat di Kabupaten Pemalang sangat luar biasa, sudah menorehkan prestasi ditingkat daerah, nasional bahkan Internasional.

"Kami berharap salah satu perhatian Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat adalah pencak silat, karena pencak silat ini  peninggalan dari nenek moyang kita sejak dulu perlu dilestarikan," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, mengaspirasikan yang setinggi-tingginya semua yang hadir pada Acara Harlah PSHT cabang Pemalang, ke 38 pada hari ini.

"Kemarin ada sedikit perbedaan, tetapi kita tetap satu, selalu kompak dan solid untuk bersama-sama membangun Kabupaten Pemalang yang aman, ikhlas dan sejahtera," katanya.

Menurutnya, semua Perguruan pencak silat yang ada di Kabupaten Pemalang akan kami satukan menjadi Ikatan Pencak Silat Kabupaten Pemalang.

"Kami dan KONI akan selalu merespon perkembangan pencak silat di Kabupaten Pemalang," pungkas Plt Bupati Pemalang.

Pada Harlah PSHT Ke 38 cabang Pemalang ada penampilan para pendekar memamerkan jurus -jurus silatnya untuk mengatasi bilamana ada bahaya.

Pada akhir acara ada pemotongan tumpeng oleh Plt Bupati Pemalang kemudian diserahkan kepada Slamet Effendy, Ketua PSHT Pemalang. (Rudi).