Notification

×

Kepala Desa Blendung Merasa Prihatin Melihat Wilayahnya Dilanda Rob Kembali

Kamis, 03 November 2022 | 17.12.00 WIB

INIBACA.COM | PEMALANG — Sudah menjadi langganan setiap hari bagi Desa Blendung, Kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang dilanda rob akibat dampak meluapnya air laut.

Dampak Rob sampai  masuk Ke SD N.2.3, 1 gedung TK dan Kantor balai desa juga melanda di wilayah Desa Blendung, seperti Dusun 1, 2 dan 3, titik terparah di dusun 1 dengan ketinggian air sampai 50 cm.
 

Dampak rob tersebut mengakibatkan kegiatan perekonomian masyarakat Desa Blendung macet Total,  kesulitan air bersih, kesehatan dan terhambatnya pendidikan anak-anak sekolah dasar serta kerugian materi  dari para pengusaha perikanan.

Menurut Riyanto, Kepala Desa Blendung, sa'at di konfirmasi pada Kamis ( 3 /1 ), pukul 12 ,00 wib siang, kondisinya masih parah.

Ia menjelaskan,  pihak Pemerintah Desa Blendung melalui Dana Desa sudah berupaya penanganan rob tersebut dengan berbagai cara seperti penanggulan setiap tahun, pembuatan saluran dan sebagainya, tetapi upaya tersebut sia -sia,  tidak ada hasilnya,  Rob tidak bisa atasi.

"Kami sudah berusaha mengusulkan ke pihak Pemkab Pemalang dan juga ke Pemerintah pusat tetapi sampai sekarang ini  belum ada realisasinya," katanya.

"Melihat kondisi ini, tentu kami sangat prihatin keadaan Desa, saya merasa sedih, menangis dalam batin melihat masyarakat saat ini," imbuhnya.

Ia berharap bantuan dari pemerintah Kabupaten Pemalang dan pemerintah pusat untuk segera mengatasi Rob yang melanda di Desa Blendung.

Saat ini, lanjut Kades, masyarakat Blendung sangat mengharapkan penanggulangan Rob secara maksimal hingga kedepannya tidak terjadi rob lagi dan aktivitas seharian masyarakat Desa Blendung bisa normal kembali. Demikian harapan dari Riyanto Kepala Desa Blendung. (Rudiono).