Notification

×

Pencurian Aki Panel Surya Lampu Penerangan Jalan Umum Marak Di Selayar

Rabu, 05 Oktober 2022 | 09.07.00 WIB
 

INIBACA.COM | SELAYAR – Dalam sebulan terakhir berseliweran informasi mengenai maraknya kejadian pencurian aki panel surya lampu penerangan jalan umum (PJU). Bukan saja aki PJU namun aki speedboat dan aki kapal yang sementara parkir juga turut dijarah. 

Seperti yang didapati Pewarta dipelabuhan Pattumbukang, sebanyak enam tiang listrik tenaga surya yang kotak akinya ada ditiang atas, hilang dari tempatnya. Akibatnya penerangan diareal pelabuhan kini tak berfungsi. 


Sementara itu, disejumlah jalan lainnya, termasuk di sekitar jalan menuju rumah sakit juga ikut dijarah tangan-tangan tak bertanggungjawab. 

Petugas Perhubungan Propensi Sulawesi Selatan, yang bertugas di pelabuhan Pattumbukang, Suparman, kepada Pewarta membenarkan adanya kejadian pengrusakan dan pencurian fasilitas PJU Pelabuhan Pattumbukang. Dan menurutnya telah dilaporkan ke pihak berwajib. 

" Kejadiannya pada Minggu (3/10/2022) malam, ada 6 buah PJU dirusak kotak akinya dan 4 buah akinya di bawa pergi, sedangkan yang dua buah diperkirakan jatuh saat dipanjat," jelas Suparman.

Suparman berharap agar pelaku pengrusakan dan pencurian aki PJU dapat segera diketahui dan ditangkap pihak berwajib. 

Menurutnya, harga aki kering yang dicuri sebesar 2,9 juta per unit, belum lagi biaya pasang dan harga kotak yang dirusak. Sehingga perkiraan kerugian belasan juta rupiah. 

Informasi lain yang berhasil dikumpulkan Pewarta, selain kejadian pencurian aki PJU, juga terjadi pencurian aki speedboat dan kapal diparkirannya. Hal ini diketahui dari postingan seorang tehnisi dan pemilik kapal speedboat dimedia sosial akun @ayong robert. 

Pihak berwajib diminta menangkap pelakunya sebelum aktifitas yang merugikan masyarakat ini semakin menjadi-jadi. (Tim).