Notification

×

Disdik Soppeng Sosialisasi Portal Rumah Belajar

Jumat, 09 Oktober 2020 | 22.15.00 WIB


INI BACA ■  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng menggelar Sosialisasi Portal Rumah Belajar, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Jl. Salotungo, Kel. Lalabata Rilau Kab. Soppeng, Jumat 9 Oktober 2020.

Kegiatan ini diikuti seluruh jenjang Sekolah Dasar (Guru Perwakilan) se-Kabupaten Soppeng yang dibagi 3 Zona waktu pertemuan dalam sehari.

Kegiatan yang diprakarsai Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan merangkul Duta SRB Sulawesi Selatan dan Ahli Utama Pengembang Teknologi Pembelajaran PUSDATIN KEMENDIKBUD sebagai Narasumber/Pemateri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Soppeng Drs. H. Azis Makmur, M.Pd.I membuka langsung kegiatan sosialisasi rumah belajar dengan memberi harapan dan semangat kepada seluruh peserta agar senantiasa bisa mendukung dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis TIK bersama Rumah Belajar dalam mewujudkan merdeka belajar.

Semtara itu, Rusdi, S.Pd.,M.Si Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan bertindak sebagai Moderator pada kegiatan Sosialisasi mengatakan portal pembelajaran menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang sangat mendukung interaksi antar komunitas baik antara guru dan siswa maupun antar sesama siswa.

Lanjut Rusdi, Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh Siswa dan Guru semua jenjang PAUD - SD/MI - SMP/MTs - SMA/SMK dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. 

Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Sehubungan dengan perkembangan teknologi di Era 4.0 berimbas kepada pembelajaran. Siswa lahir di zaman yang serba elektronik. Guru harus mampu menyesuaikannya, jangan sampai siswa sudah tahu duluan sementara guru belum. Rumah belajar merupakan aplikasi inovatif yang sudah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Mari kita dukung pemanfaatan portal rumah belajar untuk mendukung terlaksananya kurikulum 2013, ucap Rusdi menambahkan.

Sementara, Muh.Arfan Mubarak, S.Pd Ka. SDN. 279 Palakka bertindak selaku Host pada kegiatan ini juga berkesempatan memaparkan bagaimana penggunaan bantuan kuota data internet dari Pemerintah, dalam hal ini sangat erat kaitannya pada penggunaan portal Rumah Belajar. 

Kemendikbud memberikan bantuan kuota data internet untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang akan disalurkan secara bertahap dengan rincian dibagi atas kuota umum dan kuota belajar. Kuota umum dimaksud adalah kuota yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi sedangkan Kuota Belajar adalah kuota yang hanya dapat digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran khususnya pada Portal Rumah Belajar, terang Muh.Arfan Mubarak.

Pada kesempatan itu pula, Agus Supramono, S.Pd.Gr Guru SDN Massumpu / Duta SRB Sulawesi Selatan selaku Narasumber Sosialisasi menjelaskan lebih detail Fitur-fitur pada Portal Rumah Belajar, Portal rumah belajar Kemdikbud bekerja sama dengan pustekom merupakan web rumah belajar bagi komunitas guru, siswa dan masyarakat.

Rumah Belajar sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran, bermanfaat untuk meningkatkan standar proses pembelajaran dalam rangka memaksimalkan efektivitas pencapaian tujuan pembelajaran, terangnya.

Lanjut dikatakan, Peningkatan penggunaan sistem ini semakin terbuka peluangnya karena adanya tuntutan pendidikan yang harus terintegrasi TIK. Melalui Rumah Belajar dapat dilakukan pengelolaan materi pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran berbasis web. Kelebihan sistem ini adalah membuka peluang belajar kepada peserta didik dengan waktu yang lebih panjang dan lebih leluasa, meningkatkan interaksi peserta didik dengan pendidik tidak hanya terbatas pada jam sekolah, ungkap Agus Supramono. (IWO)