Notification

×

Gerakan Menanam Pohon: Mendorong Perbaikan Lingkungan dan Perlindungan Alam

Selasa, 28 November 2023 | 20.05.00 WIB

INIBACA.COM | JAKARTA — Petak 3A KPH Pekalongan Timur, Desa Mendelem, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, melaksanakan Gerakan Nasional Pemulihan DAS (NPDAS) dalam bentuk penanaman pohon. 

Gerakan tersebut diselenggarakan oleh BPDAS Provinsi Jawa Tengah dan Koramil 11/Belik dengan tujuan untuk memulihkan daya dukung lingkungan hidup dan daerah aliran sungai, pada Selasa, 28/11/2023.


Hadir dalam acara penanaman pohon tersebut sejumlah tokoh dan pejabat, antara lain Kepala BPDAS Ibu Rohimah, Sekcam Belik Bapak Sutopo, Asper BKPH Randudongkal Bapak Sutrisno, Perangkat Desa Mendelem Bapak Saryo, CDK V Kecamatan Belik Bapak Sulistyo, dan anggota Koramil 11/Belik Serka Lerebuan dan Sertu Sugeng Pratikno. 

Acara ini juga dihadiri oleh sekitar 200 warga dari Desa Mendelem.

Kegiatan penanaman pohon tersebut berlangsung dengan meriah dan semangat yang tinggi, di mana masyarakat Desa Mendelem turut serta dalam penanaman pohon, dengan harapan bahwa mereka dapat memberikan andil dalam perbaikan dan perlindungan lingkungan serta daerah aliran sungai.

Serka Lerebulan menyampaikan, bahwa penanaman pohon bukanlah sekadar kegiatan moral semata. Penanaman pohon memiliki peranan penting dalam menjaga dan memperbaiki keseimbangan lingkungan. 


Pohon mampu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia dan hewan sebagai sumber energi. Selain itu, pohon juga berfungsi untuk mencegah erosi tanah, mengatur aliran air, serta menyediakan habitat bagi satwa liar.

Gerakan Menanam Pohon berguna dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar. Gerakan ini bukti dari kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam melindungi lingkungan dan menjaga kelestarian alam. 

"Mari kita dukung gerakan ini dan mulai berperan aktif dalam menjaga bumi yang kita huni," pungkasnya. (Suhari Putra Senja)