Notification

×

Peringati Mapag 1 Suro, Padepokan 212 Gelar Do'a Bersama Anak Yatim

Minggu, 13 Agustus 2023 | 23.14.00 WIB

INIBACA.COM | PEMALANG — Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang, Moh Sidik mengajak warga Kabupaten Pemalang, bersama menjaga budaya dan tradisi masyarakat yang selama ini menjadi bagian dari jati diri bangsa.

Seperti halnya ketika sebagian warga masih eling dengan tradisi memperingati Mapag 1 Suro. Ini pun bagian dari tradisi yang melegenda.


"Mari kita jaga bersama, apapun itu tradisi dan budaya kita, karena ini tempat tinggal kita. Kita uri-uri biar  Kabupaten Pemalang semakin makmur, semakin aman tidak ada hal-hal yang membahayakan bagi masyarakat," katanya.

Hal itu dikatakan Moh Sidik ketika menghadiri  Muharaman di Desa Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, pada Sabtu, 12 Agustus 2023.

Dalam giat ini juga dirangkai dengan memberikan santunan terhadap anak yatim piatu, serta mengajak berdoa bersama untuk keselamatan keluarga, masyarakat dan para leluhur pendiri, sehingga Pemalang bisa berdiri sampai sekarang.


Sementara itu, Bagus Ketua Paguyuban Padepokan 212, menyebut memperingati Mapag 1 Suro sudah menjadi agenda dan tradisi dalam komunitasnya.

Tradisi semacam ini bahkan membumi dan selalu dihelat oleh anggota padepokan 212 yang tersebar di beberapa kota, utamanya di pulau jawa.

"Alhamdulillah, kami banyak tersebar di berbagai wilayah, sampai di luar pulau Jawa, bukan hanya Pemalang, Pekalongan saja, tetapi ada di Brebes, Semarang dan Tanggerang," katanya,

Terkait giat ini, harapannya semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat. (Rudiono).