Notification

×

PMI Karangasem Berikan Layanan Kesehatan Gratis Selama Karya IBTK di Pura Agung Besakih

Rabu, 05 April 2023 | 17.18.00 WIB
 

INIBACA.COM | KARANGASEM — Selama Karya Agung IBTK (Ida Batara Turun Kabeh) di Pura Agung Besakih, Karangasem, PMI Kabupaten Karangasem menyediakan layanan Pos Kesehatan gratis. Layanan kesehatan gratis oleh PMI Kabupaten Karangasem yang diketuai Dr. Suranten tersebut sudah dimulai mulai dari 2 April 2023.

"PMI Karangasen ikut serta dalam Karya IBTK, Yaitu menyediakan Pelayanan Pos Kesehatan yang bertempat di Pos 1 Kedungdung/Area parkir kedungdung, Pelayanan Ambulance, Pelayanan Kesehatan, dan Pertolongan Pertama," terang Ketua PMI Karangasem.

Sementara, salah satu petugas yang berjaga, Agus Hartono dari Divisi Penanggulangan Bencana PMI Karangasem mengatakan giat pelayanan gratis ini akan terus berlanjut sampai tanggal 26 April 2023 mendatang.

"Namun demikian kami masih terkendala biaya oprasional, saat ini kami di support dari beberapa komunitas dan donatur atau perorangan yang sukarela menyumbangkan untuk biaya oprasional selama kegiatan berlangsung. Dan setelah kami perhitungkan biaya tersebut ternyata masih belum cukup untuk memenuhi sampai 25 hari sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh panitia. saat ini pihak kami (atasan) masih terus berkoordinasi dengan CSR untuk mengusahakan agar kegiatan tetap dapat berjalan sampai akhir karya," tandasnya, Rabu (5/4/2023).

Karena kendala tersebut, pihaknya mengaku masih menghemat biaya operasional Agar kegiatan tersebut dapat berjalan hingga akhir acara.

"Jadi upaya kami untuk berhemat, kami hanya mengirimkan 2 personil untuk 1 kali jaga. Namun apabila kondisi krodit atau banyak Pemedek yang memerlukan pertolongan pertama (medis dasar) tentunya kami akan mengkoordinasikan kembali dengan atasan kami untuk penambahan personil. Kami berjaga gantian dengan BPBD Provinsi. Dari pagi sampai sore yang jaga disana BPBD provinsi dengan 5 personil sampai jam 3 sore. Selanjutnya, kami PMI Karangasem melanjutkan jaga dari jam 3 sore sampai jam 9 malam," terang Agus. (Ami/bk)