Notification

×

KPU Karangasem Latih Anak Sekolah Untuk Jadi KPPS Pemilu

Rabu, 09 November 2022 | 23.17.00 WIB

INIBACA.COM | KARANGASEM —
KPU Kabupaten Karangasem menyasar sekolah-sekolah untuk memperkenalkan pendidikan pemilu pada generasi muda. Hal tersebut disampaikan oleh Deasy Natalia komisioner KPU Karangasem basis sosialisasi pada giat Media gathering bersama awak media yang dilaksanakan di Tempat Makan Mina Abian Base, Rabu (9/11/2022).

Selain persiapan dari pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang, KPU Karangasem juga gencar mempersiapkan generasi muda untuk ikut berperan serta melaksanakan pemilu.

"Di pertengahan tahun 2022 kemarin, ketika MPLS kita sudah lakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah di Kabupaten Karangasem, jadi sudah ada 5700 siswa yang tersentuh. Khususnya kelas 10 yang dimana rentang usia mereka mau 17 tahun atau sudah akan memilih. Sementara untuk kelas 11 dan 12 akan kita anggarkan nanti. Selain itu kegiatan non anggaran akan kita tetap laksanakan," Tandasnya.

Selain sosialisasi pendidikan pemilu, Pengenalan Demokrasi pada generasi muda tersebut dilaksanakan KPU dengan kegiatan seperti pendampingan pemilihan ketua OSIS di sekolah, dimana ini sudah dilaksanakan, salah satunya di SMA 2 Amlapura. Dan nantinya, ini juga akan dilaksanakan di SMK Negeri Amlapura.

Hal tersebut diharapkan dapat mempersiapkan generasi muda untuk berperan menjadi pelaksana pemilu yang nyata karena untuk menjadi petugas KPPS nantinya umur minimal 17 tahun sudah boleh menjadi penyelenggara asal memenuhi syarat.

"Adik-adik OSIS yang kita latih kemarin menjadi KPPS di sekolah pun, sudah bisa jadi KPPS karena kami ingin mengkader anak-anak sekolah nanti menjadi penyelenggara. Kita harapkan akan mampu nanti menjadi KPPS yang sebenarnya di pemilu," Kata Deasy Natalia. Terlebih lagi siswa-siswi yang tergabung di KPPS sekolah kemarin sudah bisa menghitung surat suara, pemilih yang hadir di PPS dan formulir dalam kegiatan pemilihan Ketua OSIS di sekolah pun, KPU Karangasem saat memberikan pendampingan menyamakannya dengan formulir yang ada saat pemilu.

Hal Senada juga dikatakan oleh Ketua KPU Karangasem, I Gusti Ngurah Maharjana. "Ini menjadi salah satu target sasaran sosialisasi pendidikan pemilih, kita arahkan lebih ke generasi mudanya," Tandasnya.(ami)