Notification

×

 Hebat ..! Kabupaten Pemalang Mendapatkan Penghargaan Dari Kementerian Kesehatan

Jumat, 25 November 2022 | 09.39.00 WIB

INIBACA.COM | PEMALANG — Ratusan orang melakukan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop buang air besar sembarangan dan pengukuhan Pengurus Forum Pemalang Sehat (FPS) di Kabupaten Pemalang.

Giat ini diikuti 250 orang lebih dari unsur Forkompinda Pemalang, Jajaran OPD, para Camat di Kabupaten Pemalang, Kepala Puskesmas Pemalang, Kepala Desa di Kabupaten Pemalang dan undangan lainnya. 
 

Selain itu, tampak hadir, Plt Bupati Pemalang, Ketua Penggerak PKK, Kepala Dinas Kesehatan, perwakilan Kepala Dinas Jawa Tengah dan perwakilan Kementerian kesehatan.

Giat ini diselenggarakan, pada Kamis  (14/11) di Hotel Regina, Petarukan, Pemalang.

Acara pengukuhannya ditandai  pemasangan lencana ketua FPS oleh Mansur Hidayat Plt Bupati Pemalang, kepada Santi Rosalia selaku Ketua penggerak PKK Pemalang, juga acara Deklarasi diawali dengan menyuarakan Iklar bersama  Stop buang air besar sembarangan oleh para Camat Kabupaten Pemalang.

"Kegiatan ini luar biasa kemarin, kami tiada henti -hentinya melakukan pengarahan ODF  secara terus-menerus ke masyarakat, sehingga memperoleh penghargaan dari Kementerian Kesehatan," kata Mansur.

Ia berharap masyarakat supaya meninggalkan budaya - budaya lama yang kurang sehat. Stop buang air besar sembarangan sehingga kita semua menjadi sehat.

"Dengan kita sehat kedepannya pertumbuhan ekonomi di masyarakat semakin meningkat," kata Mansur Hidayat, Plt Bupati Pemalang.

Lanjutnya, upaya Pemkab Pemalang adanya program stop buang air besar sembarangan di masyarakat bisa terlaksana  dengan  membentuk Forum Pemalang Sehat ( FPS ), dan  adanya kolaborasi Pemerintah daerah dengan para Camat, kepala desa, kelurahan, serta dari kesehatan, juga dibantu dukungan semua masyarakat.

Sementara itu, dr Anas Maruf Direktur Penataan Lingkungan Kementerian Kesehatan menyatakan mendukung dengan adanya kegiatan pada hari ini.

"Kami mengapresiasikan yang setinggi-tingginya kepada Plt Bupati Pemalang dan masyarakat Pemalang atas keberhasilan mendapatkan penghargaan Stop buang air besar sembarangan tingkat Nasional," ujarnya.

"Di Kabupaten Pemalang tercapai 100 % melakukan stop buang air besar sembarangan di 222 desa, penghargaan tersebut berdasarkan verifikasi dari dinas provinsi  yang melakukan pengecekan secara valid lapangan," ungkapnya. (Rudi)