Notification

×

Peluncuran Jaringan 5G Dorong Minat Pengguna Cloud Gaming Amerika

Kamis, 23 Juli 2020 | 18.33.00 WIB
Peluncuran Jaringan 5G Dorong Minat Pengguna Cloud Gaming Amerika

INI BACA ■ Sementara game PC meningkat, Parks menemukan bahwa game konsol menurun selama periode yang sama, menjadi 28 persen dari 31 persen. Penggerak utama penjualan game konsol adalah judul-judul blockbuster.

"Ada sedikit jeda dengan rilis game besar. Banyak yang tertunda karena pandemik," kata Eric Abbruzzese, seorang analis senior ABI Research.

"Kami menunjukkan dataran tinggi dan penurunan pengiriman konsol game generasi saat ini karena pembeli menunggu generasi berikutnya untuk diluncurkan," katanya kepada TechNewsWorld, "meskipun itu tidak secara langsung berkorelasi dengan waktu bermain secara umum."

Konsol baru dari Microsoft dan Sony diharapkan pada musim liburan ini. "Secara tradisional ada jalan menurun dalam beberapa bulan sebelum peluncuran konsol baru," komentar Moor's Vena.

Faktor lain yang mungkin mempengaruhi jumlah konsol ada hubungannya dengan metodologi survei itu sendiri.

"Survei ini dari kepala rumah tangga broadband," jelas Hanich.

"Banyak rumah tangga yang memiliki konsol permainan juga memiliki anak. Apa yang kami yakini terjadi selama ini adalah bahwa anak, yang tinggal di rumah dari sekolah, akan mengambil alih konsol permainan, dan orang dewasa dalam rumah tangga akan beralih ke peron," imbuhnya.

Memerangi Model Bisnis

Hanich juga mencatat dalam laporannya bahwa konsumen merasa game cloud menarik, tetapi belum memiliki anggapan seperti apa layanan yang "seharusnya" terlihat. "Mereka terbuka untuk banyak model bisnis," tulisnya.

Abbruzzese setuju bahwa terlalu dini untuk mengatakan apa model yang dominan untuk cloud gaming, tetapi ia menemukan beberapa aktivitas menarik di sekitar layanan pihak pertama yang diintegrasikan ke dalam ekosistem yang ada.

"PlayStation Now dan Microsoft xCloud adalah contoh terbaik dari ini," katanya, "khususnya dengan xCloud yang diumumkan sebagai opsi bundel dengan Microsoft Game Xbox Pass."

"Kalau tidak," lanjutnya, "ada perpecahan antara model gaya Netflix, model monetisasi cloud pureplay, seperti Google Stadia, dan model PC virtual, seperti di Geforce Now."

"Virtual PC adalah yang paling menarik bagi gamer PC yang sudah memiliki perpustakaan konten," tambahnya. "Model seperti Stadia paling menarik bagi gamer biasa, dan model seperti Netflix dapat menarik bagi kedua belah pihak."

Cloud Gaming Renaissance

George Jijiashvili, analis senior Omdia, sebuah perusahaan riset dan konsultasi yang berbasis di London, yakin, model bisnis berlangganan akan muncul sebagai yang dominan untuk cloud gaming.

"Streaming dan langganan dengan cepat menjadi cara utama orang mengakses musik dan video," katanya kepada TechNewsWorld. "Game sekarang juga lambat, tapi pasti, bergerak menuju model ini."

"2019 menyaksikan peluncuran Apple Arcade, Google Stadia, dan Google Play Pass, sementara Microsoft xCloud akan diintegrasikan ke dalam layanan berlangganan Xbox Game Pass tahun ini," Jijiashvili menjelaskan. "Jumlah pelanggan layanan yang ada seperti PlayStation Now dan EA Access juga meningkat."

Dia menambahkan bahwa cloud gaming sedang mengalami kebangkitan, dengan banyak pemain jaringan, perangkat keras, teknologi, dan konten utama meningkatkan investasi di luar angkasa.

"Ini telah menyebabkan arsitektur cloud yang disempurnakan secara signifikan untuk mendukung cloud gaming, dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh orang-orang seperti OnLive sembilan tahun lalu," katanya. "Peluncuran jaringan 5G yang sedang berlangsung, menjanjikan kecepatan tinggi dan latensi sub-10 milidetik, telah semakin meningkatkan minat."

Jijiashvili menyatakan bahwa kunci kesuksesan cloud gaming adalah kemampuannya untuk memanfaatkan perangkat yang terhubung - dari smartphone ke TV pintar - untuk menghadirkan pengalaman gaming seperti konsol tanpa perlu konsumen berinvestasi dalam perangkat keras gaming khusus.

Menurut perkiraan Omdia, ia mencatat, basis global yang terpasang dari TV pintar yang terkoneksi internet saja akan melebihi jumlah konsol permainan rumahan empat banding satu pada 2022.